Senin, 18 Juli 2011

HALAMAN PERSEMBAHAN

PERSEMBAHAN

Alhamdulillah...
Dengan rasa yang sangat bangga telah terselesainya Proyek Akhirku ini
Saya Andika Septiaji mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada :

Allah SWT, dengan segala kuasa, Rahmat dan HidayahNya yang telah memberikan kemudahan kepada saya dalam menyelesaiakan
Proyek Akhir ini dengan baik, and Shakalangkong ;

Ibunda Sitimusannah dan Ayahanda ABD. Hamid yang selalu  memberikan do’a slamat Yang tak mampu ku membalas di semua jasanya, dan juga memberikan  nasehat, semangat, serta fasilitas-fasilitas kepada putra kesanyangannya ( kebutuhan selama satu minggu dan uang saku );
Bapak beserta Ibu Dosen Fakultas Teknik Unej, terima kasih atas bimbingan,
Dan buat Adek-adekku Arief dwi cahyadi,
Ryan dan adek kecilq Firlie ryana sari
‘seng rajin sinau ojok koyok mase’se gi’bhuru lulus Kuliah rea;

Serta Guru-guru Ngajiku Kang Hoos terima kasih atas ilmu dan do’a yang
telah diberikan untukku;

Terimah kasih kepada bang M. Hayron alias  Coy_coly coly
yang sebagaimana yang menjadi otak Pemograman bahsah C, dan sekaligus memberiku jalan untuk menyalesailan alat yang selama ini aku mimpikan ;
Dan teman-teman seperjuanganku DIII maupaun SI Teknik Elektro 2006 yang telah membantu dan mendukung, dan solidaritasnya  
Dan tak mlupa pula dengan Arek-arek  JFC community, selama 3 tahun lebih yang sangat tinggi dalam pembuatan Proyek Akhir ini :

Agus “Bush” Supratno (Belambiangan)
Andika Rahim “Bedugul”
Anggi “sang muka Bertopeng” Setyawan
Faried Nurdiansyah “Pak Kentu
Abdul ”Cok” Latief, Arif “Titoex” Candra P.
Ahmad ”Mat say” Rizal E., Agung “ Wagiman” T.P.
Anggun “bokong Semok” N.H, Ahmad Khoiril A.”ponary”
Dedy “Gundul pupun” Sudibyo (Belambiangan)
Eka “Yek,Ah lan wasahlan” Kartika C.
Fany “Bangbros” Nurdiansyah, Alfajri ”Salbut” Daya W
Fisma Wahyudi/belambiangan, Ivan “PK” Martha K.
Lanang “Kadalz” Maulana., Lita Aprilya yang suka selalu minum Obat
M. Dandy Pratama, M. Suhadi “Ndunk”
R.M. Hidayatullah “Caleg Stres”,  Sandi “Cino Ruwet” Anggara
Slamet “Dokter” Riyanto / suta’eek, Triyanto ”Bean” Syaefudin
Tholibir ”Toli Blank.. (susies), Triman Invistasi bandar lampung
Widya ”Cimenk” Erick, Widhi ”Wince Winata S”
 ( Dan tak lupa juga dengan Alm Faizal agustino yang memberikan
Jalan selama di materi kuliah ).

Semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan Proyek Akhir ini
Thanks for All and Too sweet to forget.
CHaparatooooosZ untuk semuanya.

MOTTO



“Tuhan tidak akan memberi kesulitan diatas kemampuan hambanya”
“Tidak akan terjadi suatu apapun tanpa kehendak dan kuasaNya”

Jadikanlah hidupmu berarti untuk dirimu sendiri dan orang lain,
karena hal itu akan menjadikan hari-harimu penuh
dan sangat bermakna.


Dan satu lagi pesan-pesan ku yang sangat penting buat kalian
“jauhi Obat-obatan terlaran, miras dan kemaksiatan”
Biar hidup kamu terasa lebih nyaman dalam menjalani
di kehidupan yang sebenarnya.
Dan Cuma itu yang saya bisa sampaikan pada kalian
Ok semuanya...
Chaapaaratooooooz Blaaank soow.





(Andika Septiaji)

PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Andika Septiaji
NIM  : 061903102051
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa proyek akhir yang berjudul                   ( Perancangan Bel Sekolah otomatis Menggunakan Mikrokontroller ATMEGA 8535 ). adalah benar-benar hasil karya sendiri, kecuali jika dalam pengutipan substansi disebutkan sumbernya dan belum pernah diajukan pada institusi mana pun, serta bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, tanpa adanya tekanan dan paksaan dari pihak manapun serta bersedia mendapat sanksi akademik jika ternyata di kemudian hari pernyataan ini tidak benar.


Jember, 26 Januari 2011
Yang menyatakan,



Andika Septiaji
NIM: 061903102051
 

LAPORAN PROYEK AKHIR






PERANCANGAN BEL SEKOLAH OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535





oleh:
ANDIKA SEPTIAJI
NIM 061903102051






Pembimbing

Dosen pembimbing I               : Bambang supeno, ST

Dosen pembimbing II             : H. Samsul Bachri M., ST., MMT



PENGESAHAN

Proyek Akhir yang berjudul  Perancangan bel sekolah otomatis mengunakan Mikrokontroller ATMEGA 8535 telah diuji dan disahkan oleh Fakultas Teknik Elektro Universitas Jember pada:
hari                  : Rabu
tanggal             : 26-01-2011
tempat             : Fakultas Teknik Elektro Universitas Jember
Tim Penguji
Ketua,



Bambang Supeno, ST
NIP. 19690603 199512 1 001

 
Sekretaris,



H. Samsul Bachri M., ST., MMT
NIP. 19640317 199802 1 001

 
 






Anggota I,



Sumardi, ST., MT
NIP. 19670113 199802 1 001

 
Anggota II,




Dr. Triwahju Hardianto, ST., MT
NIP. 19700826 199702 1 001

 
Mengesahkan
Dekan,


Ir. Widyono Hadi, MT
NIP. 19610414 198902 1 001
 
 













           

RINGKASAN

            Perancangan Bel Sekolah otomatis Menggunakan Mikrokontroller ATMEGA 8535  ; Andika Septiaji, 060903102051; 2011:  halaman; Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember.
Proyek akhir ini merupakan penerapan teknologi bidang elektronika dalam hal membantu dan mempermudah operator untuk menjalankan tugasnya. Oleh karena itu penulis membuat tugas akhir dengan judul PERANCANGAN BEL SEKOLAH OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER  ATMEGA 8535.  Aplikasi atau alat pengatur waktu bel jadwal secara otomatis yang dapat diatur sesuai dengan waktu yang diinginkan.. Dan alat ini sangat baik digunakan untuk mengatur jadwal di sekolahan, kantor, dan pabrik. Yang menggunakan beberapa sistem rangkaian elektronika, diantaranya rangkaian RTC1307, rangkaian push Botton, rangkaian relay untuk lampu dan penggerak Alarm. Sedangkan untuk perangkat lunak menggunakan bahasa C pemrograman yang digunakan pada mikrokontroler ATMEGA8535.
            Secara  garis besar, sistem kerja alat ini membaca dan menggunakan Jam digital yang di kombinasikan dengan  DS1307 real-time serial (RTC). Adalah daya-rendah, desimal biner-kode penuh (BCD) clock / calendar ditambah 56 byte SRAM NV. Untuk mentransfer data atau waktu dipertahankan dan diperbarui dalam IC DS1307.  Alamat dan data yang ditransfer serial melalui I ² C bus, dua arah. Jam / calendar menyediakan detik, menit, jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun. Akhir tanggal bulan secara otomatis disesuaikan dengan bulan dengan kurang dari 31 hari, termasuk koreksi untuk tahun kabisat.
Jam beroperasi baik dalam format 24-jam atau 12-jam dengan AM / indikator PM. The DS1307 memiliki built-in rangkaian daya-rasa yang dapat mendeteksi gangguan listrik dan secara otomatis beralih ke pasokan cadangan. Ketepatan waktu operasi terus sedangkan bagian yang beroperasi dari pasokan cadangan.


SUMMARY

Automatic School Bell Design Using a Microcontroller ATMEGA8535; 
Andika Septiaji, 060 903 102 051; 2011: page; Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering, University Jember.
This final project is the application of electronics technology in thisfield to assist and facilitate the operators to carry out their duties.Therefore, the authors makea final project with title  BEL SCHOOLAUTO DESIGN USING MICROCONTROLLER ATMEGA 8535.  Application or timer bell schedule that can be adjusted automatically in accordance with the desired time .. And this is very good tool used to adjust the schedule in schools, offices, and factories. Some systems that use electronic circuits, including circuit RTC1307, a series of push-Botton, a series of relays for the lights and alarm activator. As for the software using C programming language used on the microcontroller ATMEGA8535.
            Broadly speaking, this means working the system to read and use the digital clock in combination with DS1307 serial real-time (RTC). Is a low-power, full-coded decimal binary (BCD) clock / calendar plus 56 bytes of NV SRAM. To transfer data or time is maintained and updated in the IC DS1307. Address and data transferred via the I ² C serial bus, both ways. Clock / calendar provides seconds, minutes, hours, day, date, month and year. End date of the month is automatically adjusted for months with less than 31 days, including corrections for leap year. Clock operates well in 24-hour or 12-hour clock with AM / PM indicator. The DS1307 has a built-in power-sense circuit that detects power failures and automatically switch to a backup supply. Timeliness continue operations while the operating part of the reserve supply.






PRAKATA

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayahnya, sehingga Proyek Akhir yang berjudul Perancangan Bell Sekolah otomatis mengunakan Mikrokontroler ATMEGA 8535  dapat terselesaikan dengan baik. Proyek Akhir ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan Diploma Tiga (D3) pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember.
Terselesaikannya Proyek Akhir ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu disampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.      Bpk. Sumardi, ST., MT  selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro atas segala bantuan dan dukungannya;
2.      Bambang Supeno, ST dan Bapak H. Samsul Bachri M., ST., MMT MKom selaku dosen pembimbing proyek akhir yang telah banyak membimbing dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan Proyek Akhir ini;
3.      Serta semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian proyek akhiri ini.
Semoga Proyek Akhir ini bermanfaat. Proyek Akhir ini masih banyak membutuhkan revisi. Oleh karena itu, kritik dan saran diharapkan terus mengalir untuk lebih menyempurnakan Proyek Akhir ini.




Jember, 26 Januari 2011



Andika Septiaji

 
 






1 komentar: