Senin, 18 Juli 2011

bab 1

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah sangat pesat ini, sudah hampir banyak memakai dan menggunakan peralatan secara otomatis untuk membantu kerja manusia lebih efisien. Penemuan - penemuan teknologi  sebagai penyempurnaan maupun yang baru telah dilakukan di berbagai bidang, dan chip (mikrokontroler) yang berfungsi sebagai sistem kontrol juga mulai berkembang dalam penggunaannya sebagai pengontrol, chip sangat berperan penting dalam sistem teknologi yang bekerja secara otomatis. Otomatisasi yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah misalnya bel otomatis, dapat membuat kerja para guru atau tenaga pengajar lebih efisien. Karena para tenaga pengajar tidak perlu harus selalu mengawasi jam yang ada di dinding kapan harus memencet bel tanda pelajaran telah selesai. Dengan adanya pemikiran tersebut, muncul ide untuk membuat suatu peralatan elektronik yang dapat bekerja secara otomatis yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah yakni “Bel Sekolah Otomatis Berbasis Mikrokontroller Atmega8535”.
Diharapkan dengan adanya alat ini semua Guru dan petugas TU tidak perlu memencet bel secara manual lagi, karena telah ada system yang bekerja secara otomatis dengan cukup mengaktifkan alat ini. Dengan perkembangan teknologi seperti yang telah disebut di atas seperti sensor dan chip, penyusun mencoba untuk mengembangkan iptek seperti yang telah disebut diatas dan juga sebagai syarat penyelesaian studi di Fakultas Teknik Universitas Jember, Jurusan Teknik Elektro berupa “Bel Sekolah Otomatis Berbasis Mikrokontroller Atmega8535”, diharapkan dengan pengembangan ini, alat tersebut dapat bermanfaat dan lebih efisien dalam fungsinya sebagai otomatisasi bel sekolah.





1.2  Rumusan Masalah
Dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka pokok permasalahan dari pembuatan proyek akhir ini adalah sebagai berikut:
1.      Membuat suatu sistem bel sekolah yang dapat bekerja secara otomatis
2.      Menentukan set point kapan bel harus berbunyi
3.      Merancang mikrokontroler 8535 berfungsi sebagai kontrol otomatis bel sekolah.

1.3  Batasan Masalah
1.         Pengontrolan sistem menggunakan ATMEGA 8535.
2.         Tidak membahas jenis aplikasi diluar daritujuan judul perancang dan pembuatan alat.
3.         Tidak membahas objek yang di uji secara spesifik.

1.4  Tujuan          
Dengan pembuatan alat ini bertujuan untuk mempermudah semua Guru dan petugas TU dalam memantau bel pergantian jam pelajaran, bel tanda masuk kelas, bel istirahat maupun bel pulang karena pemantauan dilakukan oleh peralatan yang berbasiskan mikrokontroler 8535 ini sebagai pengendali utama sistem dalam mengaktifkan bel otomatis.

1.5  Manfaat
1.                        Dari pembuatan proyek akhir ini diharapkan dapat bermanfaat baik untuk penulis, mahsiswa, lembaga ataupun masyarakat pengguna pada umumnya. Proyek akhir dan ini adalah aplikasi nyata penerepan teknologi elektronika kepada guru ataupun pengurus TU. Guna memperoleh kenyamanan serta kemudahan untuk para pengguna sekolah sehingga para pengrus sekolah. Alat ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna sekolah. Guru piket atau petugas Tata usaha tidak perlu lagi menekan bel pada saat pergantian jam atau ketika masuk atau ketika jam pulang, secara otomatis sesuai dengan waktu dan bunyi yang diinginkan.
1.6  Sistematika Pembahasan
BAB I PENDAHULUAN
Meliputi beberapa uraian tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan pembahasan yang digunakan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Berisi tentang berbagai landasan teori dalam pembuatan proposal ini diantaranya Mikrokontroler Atmega 8535.
BAB III PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT
Berisi tentang prinsip kerja, studi literatur, rencana kegiatan
BAB IV  HASIL PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN
Berisi hasil pengujian dan pembahasan dari perancangan dan pembuatan alat per blok dan secara keseluruhan serta implementasi rancangan dan pembahasan sistem.
BAB V PENUTUP
Berisi kesimpulan yang dapat diambil dari penulisan, dan juga saran untuk pengembangan sistem untuk kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar